Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Mengingatkan Dosen Agar Chat Segera Dibalas

Gambar oleh jamesoladujoye dari Pixabay


Assalamu'alaykum Sobat C.D.D

Banyak pengalaman Mahasiswa ketika menghubungi dosen lewat pesan chat via Whatsapp atau pesan singkat untuk mengingatkan jadwal perkuliahan malah berakhir chatnya hanya dibaca tanpa dibalas atau ketika menghubungi dosen pembimbing Skripsi via Whatsapp dan dosennya hanya membaca saja tanpa dibalas hingga berhari-hari.

Terkadang kita harus berpikir positif untuk memaklumi betapa sibuknya dosen-dosen sehingga akan sangat sulit untuk membalas setiap pesan singkat atau bahkan bertemu dengan mahasiswa bimbingannya. Itu ada benarnya juga sih, namun jangan terlalu overthinking!

Tidak semuanya benar seperti yang kita pikirkan guys bahwa semua dosen di kampus memiliki segudang kesibukan seperti harus terbang ke luar kota sewaktu-waktu. Dosen yang super sibuk itu biasanya dosen-dosen senior yang memiliki jabatan di kampus dan itu sudah pasti sangat sibuk.

Saya pernah berteman dengan seorang dosen muda waktu itu saya masih menjadi mahasiswa dan ternayata kebanyakan dari kegiatan mereka lebih memfokuskan untuk membantu mahasiswa bimbingannya dalam membuatkan tugas akhir atau skripsi mahasiswa bimbingannya, dan tentunya tidak gratis. 

Sekedar saran jika Sobat sekalian ingin segera cepat selesai skripsinya cobalah untuk meminta bantuan langsung dari dosen pembimibingnya. Tapi saran saya ini hanya berlaku untuk mahasiswa yang mager dan memiliki bujet lebih karena jasa pembuatan Skripsi tergolong mahal guys.

Balik ke topik, karena kita berpikir dosen itu memiliki banyak kesibukan terkadang kita harus menunggu balasan hingga satu minggu dan itu waktu toleransi dari kita jika belum ada balasan maka segera secepatnya menghubungi kembali dan mengganti isi pesan singkat ke dosen dengan baik agar dosennya segera merespon.

Yang pertama Pastikan kata-kata pesan singkat sobat selalu diawali dengan "mengucapkan salam" dan diikuti dengan kata "maaf ... bla.. bla..." kemudian menyebutkan "nama lengkap dan nim" sobat, lalu lanjutkan dengan apa maksud dan tujuan mengirim pesan singkat sobat yang dilanjutkan dengan kalimat pertanyaan mendesak secara halus. Kalimat tanya ini adalah senjata inti dari pesan singkat ini agar dosennya tergerak untuk segera membalas pesan sobat karena dosen yang membacanya akan merasa tidak amanah bila tidak menjawab sebuah pertanyaan dari mahasiswanya. Lalu terakhir jangan lupa ucapkan "Terima Kasih dan Penutup Salam".

*note: Ingat, jangan pernah mengirim pesan dengan kalimat sepotong-sepotong seperti setiap pesan yang dikirim berikut ini:

image by ceritadarideker.blogspot.com

Contoh yang benar :

Anda :

"Assalamu'alaykum Ibu. Selamat sore. Maaf mengganggu waktunya. Saya Tria stambuk B1C120000.
Punten/mohon maaf Ibu terkait penelitian "Persepsi Pegawai Bank Perempuan Terhadap Promosi Jabatan Berkriteria Penampilan Modis (Studi Deskriptif Terhadap Pegawai Bank Perempuan di BNI Cabang X) " Dalam penyusunan proposal, saya dan teman-teman menemukan beberapa kesulitan dan ingin bertanya kepada ibu. Mohon maaf bu untuk bimbingan selanjutnya apakah bisa diagendakan via online di situasi pandemi ini ?
Terima kasih. Wassalamu'alaykum.

Setelah mengirim pesan teks seperti itu, biarkan sekitar sejam atau dua jam dan kalau balasannya kurang dari sejam, itu luar biasa. Dan jangan berani men-spam chat hanya karena lama dibalas ya guys, itu tindakan yang tidak sopan.

Jika sudah ada balasan misalnya "Wa'alaykumussalam wr.wb. Boleh silahkan"

Segera membalas dengan pertanyaan lagi, misalnya menentukan waktunya kapan. 

"Baik ibu, punten untuk waktunya kira-kira bisa diagendakan kapan ya bu? Dan baiknya melalui media seperti apa?

Jika setelah membalas pesan tersebut sobat mendapatkan jalan buntu misal belum dibalas berhari-hari maka segera ingatkan kembali karena terkadang dosen juga lupa. Contoh balasannya dengan kalimat pesan seperti berikut:

Anda:

"Assalamu'alaykum Ibu. Selamat sore. Maaf mengganggu waktunya. Saya Tria stambuk B1C120000.

Punten Ibu terkait penelitian "Persepsi Pegawai Bank Perempuan Terhadap Promosi Jabatan Berkriteria Penampilan Modis (Studi Deskriptif Terhadap Pegawai Bank Perempuan di BNI Cabang X) " sebelumnya mohon maaf ibu bila ada salah dalam komunikasi saya. Mohon maaf bu untuk bimbingan selanjutnya yang akan diagendakan via online untuk waktunya kapan ya bu? Terima kasih. Wassalamu'alaykum.


Jangan pernah takut untuk menghubungi dosen melalui pesan singkat, selama isi pesan kita sopan dan jelas maksud baiknya. Ketakutan adalah salah satu penghambat terbaik. So, lawan ketakutan kita karena tidak semua ketakutan yang ada dipikiran kita itu 100% akan terjadi.


Oke sobat semoga artikel "Trik Mengingatkan Dosen Agar Chat Segera Dibalas" bisa membantu dan bermanfaat untuk Sobat sekalian...
Yang masih sementara berjuang menyelesaikan studinya, Admin do'akan semoga penyusunan dan bimbingan skripsinya lancar dan secepatnya menjadi Sarjana... Aamiin...

SALAM MAHASISWA....

Post a Comment for "Trik Mengingatkan Dosen Agar Chat Segera Dibalas"