Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Lengkap Menawar Mata Kuliah di Simak Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK)


Penawaran mata kuliah di Simak UMK sebenarnya tidak jauh beda dengan Siakad UHO. Simak UMK memiliki banyak tombol opsi tambahan, tampilan logo dan warna saja yang membedakannya dengan Siakad UHO, tetapi langkah-langkah Penawaran Mata Kuliah 100% sama.


Sebelum menawar mata kuliah lewat Simak, sobat harus membayar SPP terlebih dulu di Bank yang ditujukan dari pihak Kampus agar KRS semester berjalan bisa ditambahkan. Untuk Mahasiswa S1 Reguler/Non Reguler Universitas Muhammadiyah Kendari biasanya Bank yang ditujukan untuk membayar SPP yaitu Bank Mandiri Syariah atau bisa juga pembayaran SPP UMK lewat biro Keuangan UMK.

Setelah membayar SPP, sobat bisa langsung menawar online dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka link atau langsung klik simak.umkendari.ac.id. Saran Admin sebaiknya penawaran onlinennya di buka lewat PC/Laptop dan jangan memakai smartphone agar penawarannya berjalan lancar.

Jika tampilannya seperti ini maka arahkan kursornya pada tulisan Login.

2. Masukan Stambuk/NIM sobat pada kolom USERNAME. Jika sobat adalah Mahasiswa angkatan baru biasanya pada kolom PASSWORD sesuai dengan stambuk/NIM sobat sendiri. Lalu klik tombol Login.


3Setelah muncul tampilan seperti ini, pilihlah opsi Mahasiswa di pojok kiri atas lalu pilih 02 KRS


4. Masukan tahun akademiknya di kolom Tahun Akademik sesuai dengan semester yang berjalan lalu klik Refresh. Misalnya semester genap di tahun 2018 maka tahun akademiknya adalah 20172. Jika penawarannya untuk semester ganjil di tahun 2018 maka tahun akademiknya adalah 20181. Admin mengambil contoh semester ganjil di tahun 2017 berarti tahun akademiknya 20171


5. Pada Tampilan selanjutnya Pilih opsi Tambah KRS. Jika Maximum SKS yang boleh diambil masih tertulis 0 atau belum ada dan penawaran onlinenya sudah dibuka, maka sobat secepatnya meenghubungi Penasehat Akademik (PA) sobat supaya diisikan jumlah SKSnya karena biasanya Penasehat Akademik lupa mengisikannya.


6. Langkah selanjutnya sobat tinggal memilih mata kuliah yang akan diprogram sesuai dengan semester yang berjalan dengan mencentang kotak sebelah kiri dan jangan lupa disesuaikan dengan kelasnya.


7. Setelah mencentang mata kuliah yang dipilih maka langkah selanjutnya adalah klik Ambil Kuliah pada pilihan mata kuliah paling bawah.


8. Setelah mengklik Ambil Kuliah maka KRS sobat akan otomatis terdaftar beserta jadwal perkuliahannya dan selamat buat sobat untuk menjalankan perkuliahan.


9. Jika di Jurusan atau Prodi tempat kuliah sobat diwajibkan untuk memprint atau mencetak KRS maka sobat cukup memilih/klik Cetak KRS. Disini Admin memilih contoh di jurusan Manajemen (FEBI).


10. Ada 2 opsi Untuk mencetak KRS dan hasil tampilannya juga berbeda

Yang pertama, untuk sobat yang langsung terhubung dengan Printer bisa langsung klik Cetak KRS pada jendela KRS lalu Print. Keuntungan Opsi pertama ini adalah sobat tidak perlu lagi mengetik nama Kaprodi dan PA sobat dan juga nama sobat di tempat TTD nya karena sudah otomatis ada.


Yang kedua, tanpa klik Cetak KRS juga bisa langsung tekan tombol Ctrl + P pada keyboard di jendela KRS lalu Klik Print seperti gambar berikut. Kelemahan opsi ini sobat harus membuatkan sendiri tempat TTD Kaprodi dan PA serta TTD sobat jika diwajibkan.


*Saran dari Admin, sebaiknya sobat sering-sering membuka Simak Sobat karena terkadang penawaran Mata Kuliah yang sudah kita ambil terhapus kembali diakibatkan oleh system yang eror dan juga oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Simak yang memiliki password sama dengan Stambuk/NIM sobat akan sangat mudah dibuka oleh banyak orang dan bisa saja dihapus dan pada akhirnya akan merugikan sobat sekalian. Oleh karena itu sebaiknya sobat sering-sering mengganti password simak sobat agar tidak gampang dibuka orang lain.
Oke itulah cara menawar online di simak.umkendari.ac.id, untuk sobat yang mau bertanya atau memberikan saran dan masukan bisa langsung memberikan komentarnya di kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya… SALAM MAHASISWA !!!
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Post a Comment for "Cara Lengkap Menawar Mata Kuliah di Simak Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK)"