Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Bab 1 - Bagian 2] Definisi dan Proses Akuntansi

image by ceritadarideker.blogspot.com
  • Definisi Akuntansi
Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem informasi yang memberikan laporan kepada berbagai pemakai atau pembuat keputusan mengenai aktivitas bisnis dari suatu kesatuan ekonomi. Akuntansi menghasilkan informasi yang berguna bagi pemakai, bagi pihak-pihak internal atau yang mengelola perusahaan dan bagi pihak-pihak luar perusahaan. Kegunaan dari informasi akuntansi bagi pemakai adalah membantu dalam mengambil keputusan. Dari definisi ini dapat pula dinyatakan bahwa akuntansi adalah "bahasa bisnis" karena akuntansi berfungsi sebagai media komunikasi dari informasi bisnis. Kesatuan ekonomi yang dimaksud dalam tulisan ini adalah perusahaan atau badan usaha.

  • Pemakai Informasi Akuntansi
Berbagai individu dan pihak-pihak yang berkepentingan yang menggunakan informasi akuntansi adalah sebagai berikut:

  1. Individu. Orang-orang dalam masyarakat umum menggunakan informasi akuntansi untuk kepentingan-kepentingan tertentu, misalnya melakukan investasi dan membuat keputusan apakah membeli atau menyewa sebuah rumah.
  2. Pemodal atau Calon Pemodal. Pemodal (investor) dan calon pemodal membutuhkan informasi akuntansi mengenai posisi keuangan dan profitabilitas untuk mengetahui prospek perusahaan di masa datan dan keselamatan investasi mereka. Keputusan yang diambil adalah apakah memulai, menambah, mengurangi, menarik, atau mempertahankan investasi dalam suatu perusahaan.
  3. Kreditor. Bank dan para rekanan membutuhkan informasi akuntansi untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memenuhi pembayaran-pembayaran yang dijadwalkan sebelum memberikan pinjaman.
  4. Badan Pemerintah. Sebagai contoh adalah Ditjen Pajak dan Bapepam sangat berkepentingan dengan informasi akuntansi dari perusahaan untuk tujuan pengenaan pajak dan pembuatan peraturan (regulation).
  5. Karyawan. Para karyawan dan serikat pekerjanya membutuhkan informasi akuntansi untuk mengetahui stabilitas dan profitabilitas perusahaan tempat mereka bekerja. Hal ini berhubungan dengan permintaan gaji dan upah serta bonus mereka.
  6. Kelompok Konsumen. Mereka juga tertarik dengan informasi akuntansi yang menggambarkan jumlah laba yang diperoleh perusahaan.
  7. Manajemen (Pemimpin Perusahaan). Merupakan pihak yang paling banyak berhubungan dengan informasi akuntansi. Berdasarkan informasi ini pihak manajemen membuat keputusan-keputusan secara langsung akan memengaruhi perusahaan.
  • Proses Akuntansi
Dalam menghasilkan inforamsi ekonomi, perusahaan memerlukan suatu proses yang terdiri atas beberapa aktivitas akuntansi. Proses akuntansi ini akan terjadi berulang dan berkelanjutan pada periode-periode akuntansi berikutnya. Oleh karena itu proses akuntansi disebut juga siklus akuntansi (accounting cycle). Secara sistematis, langkah-langkah dalam proses akuntansi dapat digambarkan sebagai berikut: 

image by ceritadarideker.blogspot.com
Bagan 1-1

 


*Berdasarkan Referensi Buku: Ikhtisar Lengkap PENGANTAR AKUNTANSI edisi ketiga oleh FIRDAUS A. DUNIA

Post a Comment for "[Bab 1 - Bagian 2] Definisi dan Proses Akuntansi"