Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mencari Kos Kosan Aman dan Murah, Cocok Untuk Mahasiswa Good Looking

Gambar oleh Jan Alexander dari Pixabay


Assalamu'alaykum Sahabat CDD, kali ini admin akan membagikan artikel tentang Tips Mencari Kos Kosan Aman dan Murah, Cocok Untuk Mahasiswa Good Looking untuk sahabat yang berstatus sebagai mahasiswa baru baru saja meniti karir di dunia hunian kos kosan atau Mahasiswa lama yang sudah tidak betah dengan kos-kosannya yang lama. 

Tentu sebagai mahasiswa baru yang kampusnya jauh dari kampung halaman akan mengalami kendala tempat tinggal, apalagi yang tinggalnya dari seberang pulau yang harus ditempuh perjalanan selama 6 jam pastinya akan sangat repot urusannya kan ? 

Seandainya sewa kapalnya gratis mungkin pulang baliknya no problem juga. Tapi, walaupun sewa kapalnya gratis, sobat sekalian tidak mungkin juga pulang balik kan? Apalagi kalau yang masuk kuliahnya pagi, berarti dari tengah malam sobat harus siap-siap otw ke kampus tuh, kwkwkwkwk

Dalam mencari kos-kosan, Sobat pasti akan dihadapkan beberapa pertimbangan, dan tentunya harus dipikirkan secara matang dan mantap agar tempat hunian baru sobat nantinya bisa membuat nyaman dan tentunya aman dari kemalingan.

Tips Pertama : Cari Lokasi Kosan Yang Dekat Dengan Masjid/Tempat Ibadah

Perkuliahan akan terasa sangat berkesan ketika tempat tinggal kita itu dekat dengan tempat ibadah seperti masjid khususnya bagi kaum muslim, karena mahasiswa selalu identik dengan kehidupan yang keras. 

Lingkungan yang jauh dengan orang tua tentu akan sedikit membuat kehidupan kita bebas dan tidak terarah dengan lingkungan yang tidak religius apalagi tempat itu banyak penghuni yang kerjanya hanya mabuk-mabukan pasti lama kelamaan kita akan terpengaruh karena otomatis kita akan berteman dengan mereka. 

Lokasi yang dekat dengan tempat ibadah akan membuat kita selalu mengingat Sang Pencipta dan akan selalu tergerak untuk segera melakukan hal-hal yang baik.

Tips Kedua: Kos-Kosan Yang Memilki Kamar Mandi Di Dalam

Bagi Kaum hawa sangat dianjurkan untuk mencari kos-kosan yang memiliki kamar mandi dalam, kenapa ? karena kos-kosan yang dihuni cowok sama cewek (Kosan Campuran) yang memiliki kamar mandi luar itu pasti akan membuat kaum hawa agak sedikit risih dan perasaan tidak nyaman karena harus berbaur dengan cowok.

Apalagi aktivitas cewek dan cowok sehari-hari pasti beda kan? Belum lagi harus ngantri panjang. Bisa-bisa ke kampusnya jadi terlambat.

Persoalan kamar mandinya harus di dalam atau di luar sebenarnya tidak menjadi persoalan, asalkan kamar mandi cewek sama kamar mandi cowok untuk kosan campuran itu terpisah. Sesuai pengalaman admin selama kuliah, kos-kosan yang memiliki kamar mandi bersama (campuran) kebersihannya selalu tidak terjaga.

Tips Ketiga: Cari Kos-Kosan Yang Memiliki Jendela Terali Besi

Kenapa jendela harus diperhatikan dalam mencari rumah kost ? Sesuai pengalaman admin, maling itu kebanyakan melakukan aksinya di malam hari terutama di waktu menjelang lewat tengah malam. Dan tempat lewatnya itu selalu di jendela. 

Nah kalau jendelanya tidak memakai pelapis terali besi itu sangat tidak aman karena maling sangat lihai dalam mencuri apalagi malingnya yang sudah memiliki jam terbang yang padat dan banyak, tentu dengan sangat mudah malingnya beraksi. Sehingga jendela itu adalah opsi keamanan pertama yang perlu diperhatikan dalam mencari rumah kos.

Tips Keempat: Tempat Kos-Kosan Yang Memiliki Pagar

Bagi sobat yang memiliki kendaraan Motor, pagar adalah benteng pertama untuk menghalau para pencuri motor. 

Kejahatan CuranMor di perkotaan sering terjadi di rumah kos-kosan yang tidak memiliki pagar. Dan kalau tidak memiliki pagar sebaiknya motornya dimasukan saja di dalam kamar atau minimal kunci leher atau pengaman lain agar motornya tetap aman.

Tips Kelima: Lokasinya Dekat Kampus

Untuk sobat yang tidak memiliki kendaraan bermotor admin sarankan sebaiknya mencari lokasi kos-kosanya dekat dengan kampus sobat, dan jangan mencari lokasi yang memiliki radius 2-50 km karena di samping menghemat pengeluaran uang transportasi, juga bisa mempersingkat waktunya ke kampus.

Lokasi yang dekat dengan kampus juga biasanya dekat dengan keramaian dan pastinya dekat dengan warung makan dan minimarket.

Tips Keenam: Cari Kos-Kosan Yang Pemiliknya Memiliki Profil Disegani Oleh Orang Sekitar

Kos-kosan yang pemiliknya memilki profil disegani oleh orang sekitarnya biasanya memiliki tingkat keamanan tempat yang dijamin. 

Bayangkan saja kalau pemiliknya itu adalah mantan preman atau pernah juara olimpiade Karate di tingkat nasional, atau disegani karena orangnya dermawan, Anggota TNI, Polisi atau pemilik kosannya adalah ketua RT di lingkungan tersebut, pasti orang-orang yang mau buat rusuh takut dong? 

Kalaupun pemilik kosan tidak memiliki profil disegani, minimal kosan sobat nantinya dekat dengan pemilik kosan, itu lebih dari cukup kok.

Tips Ketujuh: Kos-Kosan Yang Memiliki Aturan, Terutama Jam Bertamu

Sobat yang tidak menyukai keributan atau kebisingan, admin sarankan mencari kosan yang memiliki aturan yang ketat, karena biasanya akan membuat suasana menjadi nyaman, terutama kosan yang memilki aturan jam bertamu, Kosan yang tidak memilki aturan jam bertamu biasanya selalu ribut. 

Pengalaman admin, dikosan yang tidak memiliki aturan jam bertamu itu sangat mengganggu karena biasanya penghuni tetangga akan mengundang banyak temannya untuk bermalam. Disamping mencegah kebisingan juga akan mencegah tindakan yang tidak diinginkan. 

Bayangkan saja kalau tamu yang biasa datang di kamar tentangga itu adalah maling, atau yang ingin melakukan tindakan merugikan bagi kaum hawa, kan bisa jadi kacau balau ??? Oleh karena itu, Kos-kosan yang memiliki aturan itu akan sangat membantu.

Tips Kedelapan: Sewanya Yang Murah Tetapi Bukan Murahan

Sobat pasti berpikir, kosan yang memilki tingkat keamanan tinggi biasanya mahal dan selalu identik dengan tempat yang jauh kan? Eh jangan salah, kalau sobat mau mencari kosan yang seperti admin gambarkan di atas, sobat bisa menghubungi admin hehe. Tetapi khusus daerah kota Kendari saja ya?

Okey itulah beberapa tips yang bisa admin berikan, kalau sahabat mau menambahkan, sahabat bisa memberikan masukannya di kolom komentar ya?

Salam Mahasiswa!!!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Post a Comment for "Tips Mencari Kos Kosan Aman dan Murah, Cocok Untuk Mahasiswa Good Looking"