Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[Bab 1 - Bagian 5] Transaksi Perusahaan dan Persamaan Akuntansi

Image by ceritadarideker.blogspot.com

  • Tidak semua peristiwa ekonomi yang mempengaruhi kesatuan usaha dicatat dalam suatu Sistem Akuntansi. Hanya transaksi-transaksi perusahaan atau bisnis saja yang dicatat dalam catatan akuntansi.
  • Transaksi perusahaan adalah suatu peristiwa ekonomi yang secara alngsung mengubah posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan.

Sebagai contoh, pembayaran beban listrik bulanan sebesar Rp150.000 adalah transaksi bisnis, karena mengubah posisi keuangan di mana saldo kas menjadi berkurang.

  • Definisi Aset, Kewajiban, dan Ekuitas

a. Aset (Assets) yang dahulunya disebut aktiva, adalah kekayaan atau sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang memberi manfaat di masa yang akan datang.

b. Kewajiban (Liabilites) adalah hak atau klaim dari para kreditor atas kekayaan perusahaan.

c. Ekuitas (Owner's Equity) atau disebut juga modal adalah hak atau klaim dari para pemilik atas kekayaan perusahaan.

Persamaan Akuntansi

  • Hubungan antara kekayaan dan hak atau klaim atas kekayaan tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk persamaan yang disebut persamaan akuntansi (accounting equation) yang dirumuskan sebagai berikut:
Aset = Kewajiban + Ekuitas

  • Ekuitas merupakan jumlah aset yang tetap ada setelah kewajiban perusahaan dilunasi atau dikurangkan dari aset. Atas alasan demikian itu, ekuitas seringkali disebut sebagai aset bersih (net assets). Hak atau kalim pemilik atas aset atau kekayaan perusahaan adalah suatu residu atau sisa yang ditunjukkan dengan cara menulis persamaan akuntansi sebagai berikut:

Aset - Kewajiban = Ekuitas

  • Tujuan perusahaan adalah meningkatkan aset dan ekuitas melalui pendapatan (revenues), yakni jumlah yang diperoleh dengan menyerahkan barang dan jasa kepada para pelanggan. Pendapatan akan selalu menambah ekuitas perusahaan karena pendapatan menambah aset tetapi tidak menambah kewajiban. Investasi pemilik juga menambah ekuitas perusahaan. Sebaliknya, juga terdapat jenis transaksi yang mengurangi ekuitas seperti pengambilan pemilik atau prive (withdrawals) sebagai lawan dari investasi pemilik, dan beban-beban (expenses). Beban-beban merupakan penurunan dalam ekuitas yang terjadi sehubungan dengan kegiatan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan. Bagan 1-2 berikut ini menggambarkan transaksi-transaksi yang dapat menambah atau mengurangi ekuitas pada bentuk usaha perseorangan.
Image by ceritadarideker.blogspot.com

 


*Berdasarkan Referensi Buku: Ikhtisar Lengkap PENGANTAR AKUNTANSI edisi ketiga oleh FIRDAUS A. DUNIA

 

 

Post a Comment for "[Bab 1 - Bagian 5] Transaksi Perusahaan dan Persamaan Akuntansi"