Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lakukan 5 Kebiasaan Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

image by www.istockphoto.com

Assalamu'alaykum Sobat CDD...

Menurunnya daya ingat pada umumnya ditandai dengan usia lanjut atau pertambahan usia yang telah berada di fase yang dinamakan tua. Masyarakat awam selalu menganggap bahwa menurunnya daya ingat atau pikun adalah hal yang wajar karena disebabkan oleh pertambahan usia yang tidak dapat dihindari.

Kemampuan daya ingat memang akan menurun secara bertahap dari waktu ke waktu, namun tidak serta merta disebabkan oleh faktor usia saja. Banyak faktor yang menyebabkan menurunnya daya ingat diantaranya adalah pola makan yang tidak sehat, pola hidup yang tidak sehat misalnya kebanyakan tidur, dan gejala awal penyakit Demensia.

Demensia sendiri merupakan sindrom atau kumpulan gejala yang mengacu pada penurunan fungsi otak, seperti menurunnya daya ingat, gangguan proses berpikir dan perilaku, serta perubahan kondisi mental atau emosional. (sumber: alodokter)

Untuk menghindari faktor penyebab menurunnya daya ingat, Sobat CDD bisa mempraktekan tips 5 kebiasaan untuk meningkatkan daya ingat.
 

5 kebiasaan untuk meningkatkan daya ingat


1. Batasi Multitasking

Multitasking bisa diartikan kemampuan menjalankan tugas ganda atau lebih dari satu tugas atau menjalankan lebih dari satu aktifitas tertentu dalam waktu yang sama atau bersamaan. Contoh dalam kehidupan kita sehari-hari adalah "mengerjakan tugas kuliah sambil chatting atau membalas pesan singkat pacar"

Aktifitas mengerjakan tugas kuliah sambil chatting atau membalas pesan singkat pacar merupakan aktifitas yang berbeda, kita bisa saja menjalankan dua aktifitas sekaligus secara bergantian, namun akan membutuhkan waktu lama untuk meyelesaikannya.

Multitasking tidak akan selamanya bekerja dengan baik karena akan dapat mengurangi produktivitas mental dan meningkatkan kelelahan otak serta berdampak pada peningkatan stres.


2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu kebiasaan baik untuk meningkatkan daya ingat. Namun tidur yang baik juga memiliki batasan waktu yaitu dianjurkan untuk tidak lewat dari 8 jam sehari semalam secara teratur.

Tidur yang berlebihan akan berdampak pada menurunnya daya ingat dan akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Selain tidur yang cukup dan tdak berlebihan, ada tiga waktu yang sebaiknya kita menghindarinya yaitu di waktu pagi setelah shalat subuh, di waktu sore setelah selesai shalat Ashar dan di waktu maghrib sampai menjelang Isya'. 

Tiga waktu tidur tersebut adalah larangan keras yang patut kita hindari guys.

3. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga dapat meningkatkan sistem peredaran darah dan meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak. 

Daya ingat dibutuhkan kinerja otak, melakukan latihan aerobik selama 30 menit tiga sampai empat kali seminggu mampu meningkatkan daya ingat, perhatian dan konsentrasi.

4. Selalu cuek terhadap informasi yang tidak penting

Membatasi asupan informasi yang tidak penting seperti berita gosip artis dan informasi yang relatif tidak penting lainnya merupakan salah satu fungsi utama otak yang berhubungan dengan kesehatan otak.

5. Selalu termotivasi

Bergaul dengan komunitas orang-orang sukses dan teman-teman yang rajin beribadah adalah kebiasaan dapat membangun dan meningkatkan motivasi kita untuk tetap bersemangat menjalani hidup.

Otak menerima informasi yang termotivasi membangun koneksi saraf yang lebih cepat dan lebih kuat sehingga meningkatkan daya ingat kita.

Oke sobat CDD itulah artikel kami kali ini, semoga bermanfaat dan semoga kita semua selalu terhindar dari hal-hal yang tidak baik. Jika ada saran untuk menambahkan kebiasaan untuk menambah daya ingat, sobat sekalian bisa menuliskannya di kolom komentar.

Dukung terus blog ini ya guys, dengan membagikan artikel ini di sosial media kalian dan untuk berlangganan artikel gratis terbaru sobat bisa menuliskan email sobat di sidebar Berlangganan Artikel di kanan atas lalu klik subscribe.

sampai jumpa lagi di artikel kami selanjutnya...

SALAM MAHASISWA...


Referensi:



1 comment for "Lakukan 5 Kebiasaan Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat"

Silahkan Berkomentar Secara Bijak dan Sesuai Dengan Topik Pembahasan