Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masih Bingung Cara Menawar Mata Kuliah Online di Siakad UHO ? Ini Tutorial Lengkapnya !

Sebelum menawar mata kuliah online, sobat harus membayar UKT/SPP terlebih dulu di Bank yang ditujukan dari pihak Kampus agar KRS semester berjalan bisa ditambahkan. Untuk Mahasiswa S1 UHO biasanya Bank yang ditujukan untuk membyar UKT /SPP nya itu adalah Bank BRI.

Setelah membayar UKT/SPP, sobat bisa langsung menawar online dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka link Siakad UHO di browser sobat. atau langsung klik link siakad.uho.ac.id. Saran admin sebaiknya penawaran onlinennya di buka lewat PC/Laptop dan jangan memakai smartphone agar penawarannya berjalan lancar.

Jika tampilannya seperti ini maka arahkan kursornya pada tulisan/opsi Depan lalu pilih Login.


2. Masukan Stambuk/NIM sobat pada kolom USERNAME. Jika sobat adalah Mahasiswa angkatan baru biasanya pada kolom PASSWORD dikosongkan saja lalu klik tombol Login dan untuk Mahasiswa angkatan lama biasanya PASSWORD sesuai stambuk/NIM dari mahasiswa bersangkutan.


3. Setelah muncul tampilan seperti ini, pilihlah opsi Mahasiswa di pojok kiri atas lalu pilih 02 KRS


4. Masukan tahun akademiknya di kolom Tahun Akademik sesuai dengan semester yang berjalan lalu klik Refresh. Misalnya penawaran semester genap di tahun 2018 maka tahun akademiknya adalah 20172. Jika penawarannya untuk semester ganjil di tahun 2018 maka tahun akademiknya adalah 20181 karena akan disesuaikan dengan tahun ajaran baru untuk Mahasiswa Baru. Untuk lebih gampangnya sobat lihat saja di selip bukti pembayaran UKT/SPP biasanya di situ tertera tahun akademik yang akan diprogram pada KRS online.



5. Pada Tampilan selanjutnya Pilih opsi Tambah KRS. Jika Maximum SKS yang boleh diambil masih tertulis 0 atau belum ada, maka sobat secepatnya meenghubungi Penasehat Akademik (PA) sobat supaya diisikan jumlah SKSnya karena biasanya Penasehat Akademik lupa mengisikannya.


6. Langkah selanjutnya sobat tinggal memilih mata kuliah yang akan diprogram sesuai dengan semester yang berjalan dengan mencentang kotak sebelah kiri dan jangan lupa disesuaikan dengan kelasnya.



7. Setelah mencentang mata kuliah yang dipilih maka langkah selanjutnya adalah klik Ambil Kuliah pada pilihan mata kuliah paling bawah.


8. Setelah mengklik Ambil Kuliah maka KRS sobat akan otomatis terdaftar beserta jadwal perkuliahannya dan selamat buat sobat untuk menjalankan perkuliahan.



9. Jika di Jurusan atau Prodi tempat kuliah sobat diwajibkan untuk memprint atau mencetak KRS maka sobat cukup memilih/klik Cetak KRS. Disini Admin memilih contoh di jurusan Akuntansi (FEB). biasanya jurusan Akuntansi diwajibkan untuk mencetak dan menyetor 3 lembar KRS terbaru dan 3 lembar KHS semester sebelumnya karena KHS untuk semester berjalan belum dikuliahkan.


10. Untuk mencetak KRS ini memiliki 2 Opsi dan hasil tampilan yang berbeda:


a. Yang pertama, untuk sobat yang langsung terhubung dengan Printer bisa langsung klik Cetak KRS pada jendela KRS lalu Print



b. Yang kedua, tanpa klik cetak KRS juga bisa langsung tekan tombol Ctrl + P pada keyboard pada jendela KRS lalu Print seperti gambar berikut.



*Saran dari Admin, sebaiknya sobat sering-sering membuka siakadnya karena terkadang penawaran Mata Kuliah yang sudah kita ambil terhapus kembali diakibatkan oleh system yang eror dan juga oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Siakad yang tidak dilengkapi dengan password akan sangat mudah dibuka oleh banyak orang dan bisa saja dihapus dan pada akhirnya akan merugikan sobat sekalian. Dan bagi sobat yang memiliki password sebaiknya sering-sering mengganti passwordnya agar tidak gampang diketahui orang lain.

Oke itulah cara menawar online di siakad.uho.ac.id, untuk sobat yang mau bertanya atau memberikan masukan bisa langsung memberikan komentarnya di kolom komentar.

Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya… 

SALAM MAHASISWA !!!

2 comments for "Masih Bingung Cara Menawar Mata Kuliah Online di Siakad UHO ? Ini Tutorial Lengkapnya !"

Silahkan Berkomentar Secara Bijak dan Sesuai Dengan Topik Pembahasan