Emak-emak Pengemis Viral: Terungkap Motif dan Nasibnya, Menyoroti Isu Kemiskinan dan Gangguan Mental

Tangkapan layar video emak emak viral di Sukabumi.

Baru-baru ini, media sosial dihebohkan dengan video seorang emak-emak yang memaksa meminta uang kepada warga di Sukabumi, Jawa Barat. Aksi emak-emak ini viral karena ia terlihat kasar dan marah-marah saat meminta uang.

Kasus ini menarik perhatian publik dan memicu berbagai pertanyaan, seperti apa motif di balik aksinya, dan bagaimana nasibnya kini?

Identitas dan Motif

Emak-emak tersebut diketahui bernama Rosmini, berusia 55 tahun, dan berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Ia mengaku hidup menggelandang karena memiliki masalah dengan suaminya. Rosmini telah mengemis selama 15 tahun di berbagai daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kronologi Kejadian

Pada tanggal 27 April 2024, Rosmini terlihat memaksa meminta uang kepada warga di Sukabumi. Ia bahkan sempat mendorong dan memaki seorang warga yang tidak memberinya uang. Video aksinya tersebut direkam oleh warga dan diunggah ke media sosial, sehingga menjadi viral.

Penangkapan dan Rehabilitasi

Setelah videonya viral, Rosmini diamankan oleh Satpol PP Kota Sukabumi pada tanggal 28 April 2024. Ia kemudian dibawa ke Dinas Sosial Kota Sukabumi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Berdasarkan hasil assesment, Rosmini terindikasi mengalami gangguan jiwa. Oleh karena itu, ia direkomendasikan untuk menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Kota Bogor.

Dampak dan Pesan Moral

Kasus emak-emak pengemis viral ini kembali mengangkat isu tentang kemiskinan, eksploitasi anak, dan pentingnya rehabilitasi bagi penyandang disabilitas mental.

Kasus ini juga menjadi pengingat bagi masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam memberikan uang kepada pengemis, terutama yang terlihat memaksa atau mencurigakan.

Sebaiknya, kita menyalurkan bantuan kepada pengemis melalui lembaga resmi atau organisasi sosial yang terpercaya.

Informasi Terbaru

Hingga tanggal 29 April 2024, Rosmini masih menjalani rehabilitasi di RSMM Kota Bogor. Kondisinya dikabarkan mulai membaik dan ia mulai mengikuti program terapi.

Post a Comment for "Emak-emak Pengemis Viral: Terungkap Motif dan Nasibnya, Menyoroti Isu Kemiskinan dan Gangguan Mental"