CARA MEMBUAT KODE QR DI MICROSOFT WORD, EXCEL DAN POWER POINT
Assalamu'alaykum Sobat CDD, Apa kabar semuanya ? semoga senantiasa baik-baik saja ya ... Akhir-akhir ini admin sibuk dengan pekerjaan kantor jadi kemarin-kemarin belum sempat berbagi lagi tutorial baru. Tapi tenang, karena kali ini ada waktu luang jadi admin akan berbagi tutorial cara membuat kode QR di Microsoft Word, Excel dan juga Power Point.
Sekilas tentang apa itu kode QR dan apa itu fungsinya ? Kode QR biasa kita jumpai di supermarket seperti untuk mengetahui harga barang, atau barang kemasan yang dijual dan terkadang kita menjumpainya pada selebaran-selebaran atau tiket kapal laut, tiket pesawat, bil hotel maupun tiket bis. Dan yang paling tidak asing lagi, kode QR ini sering kita jumpai di website saat membuka Whatsapp Web untuk mensinkronkan Aplikasi WA pada smartphone.
Kalau di tahun 2019 ke bawah kode QR ini sering kita pakai untuk menambah pin BBM pada aplikasi chat BBM.
Sampai disitu Sobat semua pasti udah ada bayangan mengenai apa itu Kode QR ? Jadi menurut Wikipedia Kode QR atau istilah yang dikenal dengan QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi, dan bedanya dengan kode batang, kode QR atau QR Code memiliki kemampuan dalam menyimpan data yang lebih besar guys ketimbang kode batang.
Fungsi Kode QR ini dapat menyimpan kode rahasia untuk mengakses alamat dan url atau alamat website, nomor telepon, sms dan email agar lebih cepat terhubung secara daring, fungsi ini juga sangat membantu sekali terutama para pembuat konten iklan dalam memasarkan produknya secara daring tentunya.
tanpa basa basi lagi admin akan menjelaskan langsung tutorial cara membuat kode QR di microsoft word, excel dan juga power point.
1. Paling utama perangkat laptop harus terhubung dengan jaringan internet karena kita harus mendownload add in tambahan Microsoft Word. Jika telah terhubung buka Microsoft Word nya seperti biasa.
2. Pilih Insert lalu ke klik Get Add-ins
3. Setelah klik Get Add-ins maka muncul jendela pop up seperti pada gambar di bawah lalu ketik "qr" pada kolom search lalu enter.
4. Dari hasil pencarian pilih QR4Office dengan cara klik Add.
5. Setelah berhasil terinstall maka tampilannya akan seperti pada gambar berikut. Untuk mengatur pesan apa yang kita ingin sampaikan atau pesan yang ingin diisi pada Kode QR maka tinggal klik pada tulisan http:// maka akan muncul beberapa pilihan seperti https:// untuk mengisi website, mailto untuk mengisi alamat email, tel: untuk mengisi nomor telepon, sms: juga mengisi nomor telepon agar mengirim pesan singkat, geo: untuk mengisi titik koordinat lokasi, dan custom: untuk mengisi pesan lainnya,
6. Disini Admin akan memberikan contoh penggunaannya, misalnya untuk membuat kode QR email, maka kita tinggal memilih mailto: lalu mengetikkan alamat email nya pada kolom di sebelahnya.
7. Lalu setelah itu pilih insert maka secara otomatis Kode QR nya akan muncul pada lembar ketik word. Penyesuaian Ukuran besar kecil kode QR nya sobat sekalian tinggal menyesuaikannya saja.
Lalu bagaimana untuk membuktikan keberhasilan kode QR yang telah dibuat tersebut?
Untuk melihat pesan dari Kode QR tersebut cara nya dengan mendowload aplikasi QR & Barcode Scanner atau semacamnya dari Playstore atau Appstore untuk pengguna iOS.
Disini admin akan mencontohkan dengan aplikasi Barceode Scanner dan hasilnya seperti pada gambar di bawah, dari hasil scanner nya akan terbaca sesuai dengan apa yang diketikkan tadi dan ternyata sangat mudah sekali membuat Kode QR
Untuk Microsoft Excel dan Power Point caranya sama saja kok...
Oke cukup sekian tutorialnya semoga bermanfaat, jika sobat ingin bertanya maka tinggal saja pertanyaan nya pada kolom komentar dan jangan lupa di share juga ya agar blog ini makin berkembang agar admin juga makin semangat memberikan tutorial microsoft yang bermanfaat lainnya.
Baca Juga:
Post a Comment for "CARA MEMBUAT KODE QR DI MICROSOFT WORD, EXCEL DAN POWER POINT"
Silahkan Berkomentar Secara Bijak dan Sesuai Dengan Topik Pembahasan