Anda Ditawari Gaji Kecil Di Bawah Harga Pasar ? Begini Tips Nego Gaji Yang Tepat

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Assalamu'alaykum Sobat CDD, bekerja adalah impian setiap orang yang ingin menaikan status sosialnya agar tidak disebut sebagai pengangguran, dan yang dibutuhkan saat bekerja tentu adalah gaji.

Atau mungkin ada yang bekerja tidak mengharap gaji ? Bisa saja sih kalau itu bekerja bakti.

Persoalan gaji yang diberikan pada suatu perusahaan saat pertama kali bekerja terkadang membuat kita berkecil hati karena gaji yang diberikan terlalu rendah atau sedikit.

Apalagi gaji yang diberikan tidak sepadan dengan apa yang dikerjakan, bahkan terkadang beban kerja lebih besar dari yang seharusnya bahkan lebih parah lagi dari itu. Yang ada malah membuat kita merasa kemampuan yang kita miliki tidak dihargai dalam artian tidak ditempatkan pada posisi kerja yang seharusnya.

Oleh karena itu sangat penting membahas berapa gaji yang akan diberikan saat dalam interview.

Nah kali ini saya akan berbagi tips nego gaji yang tepat bagi anda yang ditawari gaji kecil di bawah harga pasar. 

1. Mulai dengan Terima kasih.

Sampaikan dengan penuh wibawa dan sopan santun dengan ucapkan "Terima kasih Bapak/Ibu atas penawaran yang diberikan".

Ucapan terima kasih adalah ucapan yang seringkali diabaikan, padahal itu adalah sebuah bentuk  menghargai seseorang.

2. Ceritakan hal positif.

Ceritakan hal positif anda mengenai ketertarikan terhadap perusahaan yang dilamar, misalnya "Saya ingin bergabung di perusahaan ini"

3. Sampaikan dengan baik kalau tawaran itu di bawah nilai pasar.

Berikan ucapan atau kata-kata yang bisa meyakinkan, walau agak terdengar seperti menyombongkan diri tapi sebaik mungkin menyisipkan kalimat yang mengandung sikap berwibawa dan sopan santun agar tidak terdengar menyombongkan diri saat menyampaikan gaji yang diberikan tidak sesuai dengan pengalaman kerja anda. 

Bersikap sopan santun akan selalu dipandang sangat berwibawa, maka ucapkanlah kata-kata seperti ini "Mohon izin, menurut saya penawaran ini dibawah nilai pasar jika melihat skill dan pengalaman saya".

4. Cerita skill dan kelebihan kamu

Setelah menyampaikan seperti poin ke-3 di atas, maka ceritakanlah skill dan kelebihan kamu bahwa kamu layak mendapatkan gaji yang sesuai. Misalnya "Saya berpengalaman dalam A, B, C, dan telah berhasil mencapai X, Y, Z".

5. Sampaikan Counter Offer (Penawaran Balik)

Setelah menceritakan skill dan kelebihan kamu, coba berikan sebuah counter offer atau penawaran balik misalnya "Untuk itu berdasarkan riset dan nilai pasar, saya mengajukan kompensasi di antara range Rp. (sekian) hingga Rp. (sekian). Saya harap Bapak/Ibu bisa kembali mempertimbangkan"

Itulah tips nego gaji yang tepat, saat kamu ditawari gaji kecil di bawah harga pasar, jika diurutkan maka kurang lebih seperti berikut:

cc: 

"Terima kasih Bapak/Ibu atas penawaran yang diberikan"

"Saya ingin bergabung di perusahaan ini"

"Mohon izin, menurut saya penawaran ini dibawah nilai pasar jika melihat skill dan pengalaman saya"

"Saya berpengalaman dalam A, B, C, dan telah berhasil mencapai X, Y, Z"

"Untuk itu berdasarkan riset dan nilai pasar, saya mengajukan kompensasi di antara range Rp. (sekian) hingga Rp. (sekian). Saya harap Bapak/Ibu bisa kembali mempertimbangkan".

Mungkin agak sedikit terdengar tidak bersyukur sih, tetapi perlu diperhatikan bahwa setiap pekerjaan harusnya dinilai berdasarkan pengalaman kerja atau kemampuan yang dimiliki setiap individu sehingga beban kerja yang akan diberikan juga sesuai.

Akan terdengar sangat konyol ketika bagian Akuntansi disuruh pergi membeli isi ulang galon padahal di situ masih ada karyawan atau pegawai yang sama sekali tidak bekerja dan seharusnya menjadi tugas mereka.

Semoga bermanfaat yaa...



Post a Comment for "Anda Ditawari Gaji Kecil Di Bawah Harga Pasar ? Begini Tips Nego Gaji Yang Tepat"